Monday, September 26, 2011

SMS BISA DILAKUKAN DARI G-MAIL LOCH


Electronic mail atau yang disingkat e-mail adalah fasilitas untuk mengirimkan surat kepada teman, saudara, lembaga-lebaga tertentu atau menerima surat elektronik dari teman, saudara atau dari lembaga tertentu. Di dalam surat yang dikirimkan itu bisa berupa undangan, pemberitahuan, pengumuman, dan sebagainya. Intinya adalah bahwa melalui e-mail seseorang dapat melakuan sharing informasi, curhat, menyatakan uneg-unegnya dengan temannya.
Kini dengan perkembangan yang makin canggih, e-mail yang tadinya berfungsi hanya sebagai  tempat untuk berkirim surat sudah dipefluas fungsinya antara lain bisa digunakan juga untuk melakukan sms (short message sent) ke handphone. Ada beberapa operator selular dari beberapa negara termasuk Indonesia yang kini sudah menyetujui dan mendukung gaya sms modern seperti ini. Saat tulisan ini dibuat, ada 3 (tiga) operator selular yang sudah bisa menerima kiriman sms (pesan singkat) dari e-mail Google ini.
Tiga (3) operator selular tersebut adalah: Indosat, Telkomsel dan Tri (25/09/2011). Jadi, kita dapat berkirim sms secara gratis dari akun Gmail (email Google) kita dan balasan yang dari nomor yang kita tuju tersebut akan masuk ke kotak masuk e-mail kita.
Sebelumnya gmail sudah menyediakan layanan obrolan suara dan video. Dalam satu hari kita akan mendapatkan jatah untuk berkirim sms sebanyak 50 kali. Jika kredit sudah habis (0) lagi maka kredit sms gratis akan ditambahkan lagi sebanyak 50 setelah 24 jam berikutnya.
Semoga sms gratis dari Google ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, jika diperlukan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Langkah-langkah untuk SMS dengan gmail ke handphone:
Silakan masuk ke akun GMail Anda di www.gmail.com dari komputer Anda, selanjutnya jika halaman sudah terbuka, pada bagian halaman sebelah kiri ada tulisan Ngobrol dan SMS, Caranya adalah:
  • Masukkan nomor operator selular yang sudah mendukung untuk menerima dan membalasa sms dari Email Google (Gmail) (Indosat, Telkomsel, dan Tri) pada kolom Ngobrol dan SMS, selanjutnya tekan tombol “Enter” pada keyboard.
  • Selanjutnya akan muncul jendela untuk pembuatan kontak: Isi Nama Kenalan Anda sebagai kontak di Email Anda untuk berkirim SMS, selanjutnya tekan tombol “Simpan”.
  • Berikutnya, silakan kirim sms pada pada kolom SMS yang tampil pada pojok kiri bawah halaman Gmail Anda. Caranya, ketik pesan, dan tekan “Enter” untuk mengirimkan pesan.
Jumlah pesan yang dapat Anda kirim dalam satu hari adalah 50, jika kredit pesan sudah habis, maka setelah 24 jam kemudian akan ditambahkan secara otomatis kembali. Semoga bermanfaat.

Stefan Sikone