Friday, October 4, 2013

STRATEGI TRADING FOREX (bagian 1)

Dalam melakukan segala hal, anda perlu memiliki strategi tertentu untuk mencapai tujuan. Tanpa memiliki strategi yang dimaksudkan maka anda akan berjalan tanpa tujuan yang jelas. Strategi berkaitan dengan cara untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, biasanya dimulai dengan pertanyaan “Bagaimana caranya”? Demikian pula trading forex, diperlukan strategi tertentu bagi seorang trader dalam arti aksi-aksi apa saja yang diperlukan supaya rencana awal berjalan lancar dan mencapai tujuan anda yaitu mencapai profit yang maksimal dan loss yang minimal.

Berikut ini adalah beberapa aksi yang dapat dijadikan sebagai acuan: 

1. SWITCHING

Switching berdasarkan arti kata adalah mengganti. Strategi switching adalah melakukan pergantian arah dengan menutup posisi yang sedang merugi lalu membuka posisi baru dengan arah berlawanan dari posisi yang telah ditutup dengan harapan keuntungan posisi yang kedua akan lebih besar dari kerugian pada posisi pertama yang sudah ditutup. 

Misalnya : Saat ini harga GBP/USD adalah 1.5500 . Saya memprediksi BGP/USD akan naik menuju 1.5600 . Oleh karena itu saya membuka posisi buy. Selang berapa jam ternyata GBP/USD bergerak berlawanan dengan prediksi saya, GBP/USD turun dan saat ini berada di level 1.5450 .Artinya posisi buy saya rugi 50 point. 
Setelah dianalisa ulang, ternyata GBP/USD akan semakin turun menuju level 1.5350 . Daripada terus merugi karena pergerakan harga memang berlawanan dengan perkiraanku sebelumnya maka saya putuskan untuk menutup posisi buy saya dengan kerugian 50 point dan membuka posisi baru yakni sell. Setelah beberapa jam ternyata benar bahwa market bergerak sesuai hasil analisa kedua yaitu turun, dan kini berada di level 1.5375 Akhirnya setelah merasa profit yang didapatkan cukup , maka saya menutup posisi sell saya dengan profit 75 point. Dari akumulasi 2 transaksi diatas dengan melakukan switching, saya memperoleh profit sebesar 25 point yaitu dari keuntungan 75 point dikurangi kerugian 50 point. 

Bila anda ingin menerapkan strategi ini maka lakukan analisis secara mendalam dan meyakinkan, sebelum menutup posisi pertama tadi dan membuka posisi baru (posisi kedua) yang berlawanan dengan posisi pertama. 

Strategi switching ini pun harus dilakukan dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi bahwa strategi baru yang dibuka akan mendatangkan profit yang lebih besar melebihi kerugian yang sudah dialami pada posisi pertama. Sebaliknya bila tidak yakin untuk menerapkan strategi switching ini maka sebaiknya tidak usah dipaksakan. Jika tetap dipaksakan maka anda menderita kerugian 2 kali lipat. 

2. AVERAGING 

Averaging berdasarkan arti katanya adalah merata-ratakan. Dalam hal membuka posisi, strategi averaging ini berguna untuk merata-ratakan harga pembukaan posisi . 

Dalam trading, arti averaging adalah membuka lagi posisi baru sesuai dengan posisi lama meskipun saat ini harga bergerak berlawanan, dengan keyakinan bahwa market akan segera bergerak sesuai dengan prediksi kita. 

Misalnya, saat ini harga GBP/USD adalah 1.5500. Saya memprediksi BGP/USD akan naik menuju 1.5600. Oleh karena itu saya membuka posisi buy. Saya memprediksi market akan naik, sehingga saya membuka posisi buy lagi. Beberapa saat kemudian ternyata market memang naik, namun saya melihat market akan naik lebih tinggi lagi, saya membuka posisi buy lagi. Karena saya masih berpikir market sangat kuat untuk naik lagi , saya membuka posisi buy lagi. 

Strategi averaging digunakan untuk : 

1. Memperbesar keuntungan 

Misalnya : Pada saat market meninggi , kini saya memiliki 3 posisi buy yang sedang profit .Maka jika saya menutup ketiga posisi tersebut, profit saya lebih banyak jika dibandingkan dengan tidak melakukan averaging. 

2. Mempercepat Impas pada kondisi rugi. 

Misalnya : Saya memprediksi market akan naik, lalu saya membuka posisi buy. Beberapa saat kemudian ternyata market menurun, artinya berlawanan dengan prediksi. Karena yakin market akan segera naik, maka saya membuka posisi kedua yaitu buy lagi . Sehingga kini harga open posisi saya adalah rata-rata dari 2 harga open posisi yang terbuka. Ketika market balik arah naik , dan menyentuh level rata-rata harga pembukaan 2 posisi , maka posisi saya sudah tidak rugi lagi melainkan impas. Jika market terus meninggi maka sudah tentu posisi saya profit lebih besar.

 Link terkait:  STRATEGI TRADING FOREX (bagian 2)

Sumber:
http://siembah dot com/strategi-breakout-atr
 


 ========================= 
Pertimbangkanlah secara matang bila anda akan memulai trading forex. Forex trading memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi. Anda bisa kehilangan dana dalam jumlah besar bahkan hingga seluruhnya. Kami tidak bertindak atas nama pialang berjangka manapun dalam melakukan trading forex.